Sabtu, 18 Februari 2012

Gara-hara Kucing?! (Part II)

         
          Aku bisa merasakan keringat dingin meleleh di dahiku. Anak-anak sekelas mulai krasak-krusuk, berbisik bisik tetangga ngeliat kami.
         "Uuh... Ke, kenapa, Lang?" aku memberanikan diri buat bertanya. Aku bisa ngerasain cengkraman kuat tangan Dila di kemeja osis ku.
         "Aku..." Galang tampak bingung. Dia menggerakkan bola matanya ke sana kemari. "Aku mau ke kantin. Kamu mau ikut?"
          Waaaah...
          Walaupun gak kenceng-kenceng amat, aku bisa dengar anak-anak sekelas pada berseru tak percaya.
           Galang ngajak aku ke kantin?! Tapi syukur deh, dia bukan nyamperin kami cuma gara-gara ketahuan kami lagi ngomongin dia.
          "Aku..." Aku menoleh ke Dila. Dengan cepat Dila geleng-geleng kepala, menyarankan kalo aku lebih baik nolak ajakan Galang. "Gak deh, Lang. Kan masih jam pelajaran. Entar kalo ketahuan guru piket, kita bisa kenak." tolakku halus.
          Galang menyimak tiap ucapanku dengan serius."Gitu ya..." Dia melihat jam dinding kelas yang tergantung tepat di atas papan tulis. Padahal dia pake jam tangan, ngapain pake liat jam dinding segala. Aku mengulum tersenyum. Galang lucu juga.
           "Hmm... Ya udah deh kalo gitu. Lain kali aja." dengan santai ia melenggang ke bangkunya dan mulai tidur lagi.
           Seketika suasana tegang tadi, mulai relaks kembali.

           Aku yakin, dengan aksi Galang tadi kali ini aku bakal jadi bahan gosip anak-anak sekelas. Dan yang paling parah, bisa jadi gosip satu sekolah. Siapa sih yang gak kenal Galang? Dulu aku bisa dengan cepat ngejawab, AKU!! Dulu aku memang hampir gak kenal Galang. Ngobrol aja gak pernah, gimana mau kenal.?! Tapi sejak kejadian "kucing" itu aku baru kenal dia. Dan mungkin aku juga akan di kenal sama seluruh penghuni sekolah.
          "Kamu pasti di kira punya hubungan sama Galang, Na. Aku cuma bisa bilang ati-ati aja deh." dengan muka horor Dila mengatakannya.
          Apa ini "ati-ati" yang di maksud Dila?
          Kini aku di kepung sama anak-anak cowok yang entah kelas berapa aja. Ada 5 orang.  Padahal aku cuma niat mau pipis, kenapa harus di kepung kayak maling gini?
         "Kamu siapanya Galang?" salah satu cowok berambut jigrak mendekatiku. Di mendekatkan mukanya ke mukaku. ukh! Mulutnya bau!
         "Aku temen sekelasnya Galang. Kenapa?" dengan santai aku menjawab.
Cowok-cowok itu kini saling pandang.
         "Yang bener cuma temen sekelas?" kini cowok berhidung pesek mendekatiku, dan meninju dinding di belakangku. Aku kaget! Kirain mau nonjok mukaku.
         "Bener bang." Jawabku sok-sok ketakutan, biar mereka cepet pergi. Dari pada aku nantang, entar malah makin ribet masalahnya.
         "Bang! Bang! Kamu pikir aku abang tukang ojek apa?!" bentaknya tepat di mukaku. Yee... emang mukamu kayak tukang ojek, gerutuku dalam hati. Untung aja gak kepipis dalam celana karena kaget. Malahan kebelet pipisku ilang.
         "Woi! Mau aku laporin ke guru BP ya kalian?" Suara berat yang berteriak itu...
        Dari gelagatnya Galang lagi memanggil-manggil seseorang atau beberapa orang dan menunjuk ke tempat aku berada. Anak-anak sangar yang tadinya mengerubungiku, udah pada ngibrit lari. Lalu, dengan langkah lebar, Galang ke tempatku.
          Lho? Kayaknya tadi dia manggil-manggil orang deh? kok sekarang sendiri aja?
          "Kamu gak apa-apa?" Galang mencengkram bahuku. Mukanya tampak kawatir.
          "Gak apa-apa kok. Kamu sendiri ya? Mana Pak Gugun?"
          Galang mengkerutkan alisnya bingung. "Pak Gugun?"
         "Tadi kamu nyebut-nyebut guru BP."
         Galang tampak bingung sejenak, lalu ketawa. "Itu cuma bo'ongan. Tadi cuma buat menggertak mereka aja."
          Waaah... muka Galang pas lagi ketawa cakep banget! Sesaat aku terkesima.
          "Ng? Kamu yakin gak apa-apa? Mereka ada nyakitin kamu gak?" Galang melihat-lihat ke badanku.
          "Gak kok. Gak apa-apa. Makasih ya." ucapku tulus
          Galang Diam.
          "Ke kelas yuk." Aku menarik tangan Galang. Tapi Galang malah diam terpaku.
          Lha? Kenapa nih anak? Dia malah memandang tanganku yang menggandeng tangannya. Ah!
          "Maaf! Maaf... Aku refleks." cepat-cepat aku melepaskan tanganku. Aduuh... Marah ya dia?
         "Kamu gak takut sama aku?" Galang menatapku tajam. Aku sedikit merinding di buatnya. Mata Galang memang tajam banget, tapi...
          "Gak kok. Kalo kamu cicak, baru aku takut." Garingkah leluconku barusan? Galang sama sekali gak bereaksi.
          "Kamu samain aku sama cicak?"tanyanya kemudian.
          "Gak! Gak! Bukan gitu maksud aku, itukan cuma..."Aku kembali terkesima saat Galang tertawa.
          "Haha... Gak usah segitu paniknya juga kali. Aku cuma bercanda." Ucapnya sambil menahan tawa.
          Aku ngikut ketawa juga.
          Galang tersenyum. "Makasih ya."
         Baru aja aku mau nanyak, makasih buat apa? Tapi Galang udah ngeloyor pergi. Aku kira di bakal pergi ke tempat lain, ternyata ke kelas. Tapi tetep aja, kebanyakan tidur dari pada meleknya kalo di kelas.

          "Galang sekarang jarang bolos ya." Ucap Bu Tuti. Dia memandang Galang dengan tatapan kagum.
          Galang cuma mengangguk dengan mata sayu.
          "Itu karena Ana." bisik Dila.
          Aku menyenggol sikunya kesal. Kok aku?!
          "Kamu di taksir sama preman sekolah, Na." Bisik Dila lagi.
          Ampun deh!! Rasanya pengen banget nyubit mulut usil Dila. Dia gak tau apa, tiap kata yang keluar dari mulutnya entah kenapa berefek banget buat aku.
          Bila ada kesempatan, aku mencubit pipinya gemas. Dila cuma bisa meringis.
          Di taksir Galang? Gak deh kayaknya. walaupun preman, Galangkan cakep, gak mungkin suka sama cewek biasa-biasa aja kayak aku ini.

          BRAAKK!!
         Galang menggebrak meja dengan kasar. Lalu dengan muka marah dia keluar kelas komplit dengan anak buahnya.
          Sebelum bel istirahat bunyi, segerombolan cowok memang udah nangkring di depan kelas. Setelah Bu Tuti minggat, barulah mereka menyerbu masuk ke kelas. Anak-anak sekelas lebih milih kabur keluar kelas, karena takut terlibat masalah ngeliat Galang and The Genk udah pada ngumpul.
          Aku cuma sempat ngedenger salah satu cowok dengan badan sedikit gemuk berteriak panik dan berjalan cepat ke meja Galang. "Lang! Gawat, Lang!"
          Lalu dengan bergerombolan mereka membuka 'rapat'. Krasak krusuk memang, tapi aku gak bisa nangkep apa yang lagi mereka omongin sampe muka Galang mendadak merah padam karena marah.

          "Kak. Ada temen kakak nyariin tuh!" Nino, adik cowokku muncul tiba-tiba di dapur.
          "Siapa?" Tanyaku tanpa menoleh sedikitpun dari ikan yang lagi kumutilasi.
          "Gak tau. Nino gak pernah liat mukanya. Yang pasti mukanya memar-memar kayak abis di pukul gitu." ucap Nino santai sambil mencomot kentang goreng yang baru aku goreng tadi.
          Memar? Galang!
         Cepat-cepat aku berlari ke depan rumah. Tampak Galang yang tertunduk lesu duduk di atas motornya.
          "Kenapa?" tanyaku kawatir. Mukanya memar-memar. sudut bibirnya berdarah. Seragamnya juga kotor banget. Pasti abis berantem.
          "Sori ya tadi gak ikut piket." ucapnya dengan muka sedih. Cuma karena itu dia datang ke sini?
          "Gak apa-apa kok. Tanpa kamu juga beresi. Biasanya juga gitu kan."
         Duh! Kayaknya aku salah ngomong deh. Muka lusuh Galang makin tampak keruh mendengar ucapanku.
         "Maaf, Lang. Aku gak bermaksud..." Aku menelan ludah sejenak. "Masuk dulu yuk. Di luar panas banget nih."
          Galang diam. Lalu turun dari motornya.
         "Yuk kak, makan dulu." Ajak Nino ke Galang setelah beres ngobatin luka Galang yang ternyata bukan cuma di muka itu. Karena aku sibuk masak buat makan siang, jadi Ninolah yang ngobatin luka Galang.
         "Kakak cowoknya Kak Ana ya?" tanya Nino di sela-sela makan kami. Hampir aja Galang tersedak. Apa lagi aku.
          "Jangan ngomong sembarangan, Nino!" Aku mencubit lengan Nino gemas. Nino cuma cengengesan.
         "Cuma temen." Jawab Galang sambil menegak air putih. "Oh ya, makasih ya."  sambungnya sambil menunjuk luka yang udah berpetadin di mukanya. Nino cuma mengangguk sambil tersenyum.
          Baru kali ini aku makan siang bertiga. Paling gak sedikit ramelah, kalo di banding dengan biasanya. Biasanya aku cuma makan berdua dengan Nino. Sarapan, Makan siang, sampe makan malam. Nino gak pernah makan di luar. Kalo dia makan di luar, pasti aku di ajaknya. Gimana gak, keluarga kami ya cuma kami berdua ini. Kamipun hidup dari hasil kerja berdua. Makanya kami sangat bersyukur kalo dapat bantuan dari sanak saudara.
          "Ibu sama Ayah udah meninggal, Kak." jawab Nino santai. Galang yang bertanya tampak tak enak.
"Santai aja, kak." Nino cengengesan. "Makanya, kakak sering-sering main ke sini ya." Nino menyodorkan tinjunya ke Galang. Galang meninju pelan kepalan tangan Nino. Sejak kapan mereka jadi sohibpan gini?!
           "Makasih ya." Ucap Galang sambil naik kemotornya. Sangking keasikan main PS sama Nino, Galang kesorean di rumahku.
         "Masakanmu juga enak." Galang tersenyum ramah padaku.Aku membalas senyumnya dan mengangguk.
          "Ya udah, aku pulang dulu ya." Galang menutup kaca helmnya, dan siap pergi.
          "Ah! Anu, Lang..."
         "Apa?" Galang membuka lagi kaca helmnya.Mata itu.. Mata tajam itu kini menatapku. Entah kenapa aku ngerasa mata tajam Galang justru bisa menenangkan aku. Seoalh mata itu ngelindungin aku dari bahaya.
         "Ng... Hati-hati ya." Pengenya bilang 'hati-hati ya, jangan berantem lagi.' Tapi siapa aku ngomong gitu ke Galang.
          "Oh! Oke. Dagh!" Galang berlalu pergi.
          Aku menghela nafas. Kok rasanya sesak banget ya...

          Langit mendung. Kayaknya mau ujan nih. Aku mesti cepet-cepet sampe rumah. Nino juga udah bawel sms-sms terus dari tadi, supaya aku cepet pulang.
          "Hai manis..."Aduh! Siapa nih main colek-colek aja. Aku berjalan lebih cepat waktu dua laki-laki bertampang seram itu mulai mencolek-colek lenganku. Dari celananya, kayaknya anak SMA. Tapi gak tau anak SMA mana nih.
          "Sombong amat sih!" Salah satu dari mereka menarik tanganku, dan menyentakku ke tanah. Pas banget pantatku mendarat ke tanah.
          "Eh! Jangan kurang ajar ya! Aku teriak nih!" Aku berdiri sambil melempar batu yang aku pungut pas jatuh tadi, dan melemparnya ke arah mereka. Tapi ternyata dapat dengan mudah di elaknya.
          "Teriak aja! Jalan lagi sepi gini kok."Aku memandang sekitarku. Memang sepi banget. Hari mau ujan gini, orang pada ogah keliar rumah. Mana ini lagi di lorong, bukan di jalan raya.Aku mulai ketakutan, waktu cowok yang badannya agak kurus menarik tanganku, dan berusaha memelukku. Dengan sekuat tenaga aku meninju mukanya. Dia mengaduh lalu tersungkur ke tanah. Hebat juga aku ternyata!
          Lalu kemudian aku ngerasa leherku di rangkul dari belakang. Waktu aku udah siap-siap menyikut perutnya, dia berteriak, "Ini aku, Ana!"
          Aku berusaha memutar kepalaku ke belakang. Hujan mulai turun...
         "Oh Galang rupanya! Mau jadi pahlawan ya? Pahlawan kehujanan! Haha..." cibir cowok yang bertubuh agak gede. Cowok kurus yang tersungkur karena tinjuku, kini udah berdiri dan ikut ketawa garing.
          "Jangan macem-macem kalian! Pergi sana!" bentak Galang garang sambil membimbingku ke belakang punggungnya. Sosok Galang dari belakang, menghadap matahari yang semakin hilang di telan awan, sangat mengagumkan.
           "Heh Galang! Kamu tuh sendirian ngelawan kami berdua, gak bakal men... ADUH!!" Cowok berbdan gede itu mengaduh waktu kepalanya ketimpuk batu. Dengan gusar dia menoleh ke belakang.
           Nino! dan... Nino sama siapa aja tuh? Rame amat. Pada bawa kayu pulak. Aku melotot tak percaya.
           "Pergi sana kalo gak mau mati!" Bentak Nino gak kalah garang dari galang. Ngeliat armada Nino yang menang jumlah, dua cowok tadi ngacir ketakutan.
          "Ini temen-temen Nino , kakakku..." Jawab Nino manja sambil duduk di sofa tepat di sampingku. Hari ini rumahku rame anak-anak cowok!
          "Mereka mau main ke sini, makanya Nino nyuruh kakak cepet-cepet pulang." lanjut Nino. "Pas mau nyusul kakak, malah ketemu kakak sama Kak Galang lagi di ganggu preman, makanya kami cepet-cepet bantuin kalian."
           Mau nyusul aku? Satu rombongan gitu? dasar Nino!, batinku tak percaya.
          "Oh.." Jawabku singkat. Walaupun cuma beda 1 tahun di bawahku, Nino gak sekolah di sekolah yang sama denganku. Dia lebih milih sekolah kejuruan, supaya cepet dapet kerja katanya.
          Temen-temen Nino ramah-ramah. Sekarang mereka lagi sibuk ngerjain tugas sekolah mereka di ruang tamu. Dan aku duduk di teras dengan Galang.
          Hening... Hanya suara hujan mengiringi diam kami.
          "Kamu gak takut sama aku?" tanyanya kemudian memulai percakapan. Pertanyaan itu lagi...
         Aku menghela nafas. "Awalnya..." Aku menyeruput teh hangatku sedikit. "Waktu ngedenger gosip-gosip tentangl kamu, aku memang takut." Aku menoleh, membalas tatapan Galang. "Tapi sekarang gak lagi kok. Kamu udah aku anggap temen aku sendiri."
          Galang tampak tak yakin."Tapi, aku udah ngelibatin kamu dalam bahaya. Orang-orang tadi pasti..."  Galang seperti tak mampu buat ngelanjutin kalimatnya.
           "Mereka tadi musuh kamu?"
          "Iya." Galang memalingkan mukanya, menatap aliran air hujan yang jatuh dari atap rumahku. "Dan orang-orang yang kemarin juga."
         Orang-orang yang kemarin? aku berusaha mengingat-ngingat. Maksudnya anak-anak yang mengepungku pas aku mau pipis itu ya? ya! Mungkinlah!
           "Aku gak yakin, sekarang kamu bisa tenang kayak dulu lagi." Galang menunduk. "Maafkan aku, Na." ucapnya lirih.
          "Minta maaf buat apa? Kamu gak salah apa-apa, Lang."
          "Gak buat salah gimana?!" Suara Galang sedikit meninggi. Aku tersentak kaget.
          "Sori..." Galang meraih teh hangat di atas meja di sampingnya, dan meminumnya sedikit. "Coba aja aku gak berusaha ngedeketin kamu, kamu pasti bakal aman terus. Maafin aku, Na." Galang tak berani menatapku. Tampak penyesalan di mukanya.
          "Kamu minta maaf juga percuma kan?"
          Galang menatapku dengan alis berkerut.
          Aku tersenyum."Dengan kamu minta maaf, musuh-musuh kamu itu gak akan diem juga kan? Udahlah, Lang. Udah terlanjurkan? Kita juga udah deket, jadi usahamu berhasil."
          Galang masih menatapku tak percaya. Lalu tersenyum lembut. Semakin lama semakin banyak ekspresi Galang yang aku lihat."Makasih ya..."
          "Aku yang harusnya berterima kasih. Kamu udah dua kali nolongin aku dari orang jahat."  Aku menepuk-nepuk bahu Galang pelan. Yah.. walaupun aku masih penasaran, kenapa timingnya pas banget ya? pas aku di ganggu, Galangnya muncul nolongin. Kayak di film kartun super hero aja. Tapi sama sekali gak terbersit di hatiku buat nanyain soal itu ke Galang.
          "Kamu juga udah nolongin aku dari kucing kemarin." Ucap Galang dengan muka merah karena malu.
Aku tertawa. Rupanya, cuma gara-gara aku nolongin dia dari kucing, Galang berusaha ngedeketin aku supaya bisa temenan sama aku. Hal sepele yang ternyata berharga banget buat Galang.

bersambung...
Nurul B.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar