Senin, 20 Februari 2012

Gara-gara Kucing?! (Part III)


            Benerkan kataku! Pasti udah nyebar ke satu sekolah nih, kalo aku ada apa-apanya sama preman sekolah, Galang. Tiap aku lewat di koridor sekolah pasti ada aja yang ngelirik-ngelirik, terus bisik-bisik gak jelas. Yang paling bikin kesel, di kantin. Makan jadi gak nyaman lagi kalo di liat-liatin terus.
           "Gak ke kantin, Na?" Dila mentoel pipiku. Centil amat nih anak.
          "Gak ah. Tempat paling aman dari tatapan-tatapan tak enak itu cuma kelas doang. Nih aku titip roti ya." Aku menyerahkan uang seribuan ke Dila. Dilapun berlalu.
          Haaah... kalo lagi istirahat gini, kelas sepi banget. Sekarang cuma ada sama Fahri. Aku melirik ke bangku Galang. Beneran gak datang ke sekolah ya? Dari jam pertama gak ada masuk sama sekali. Tasnya juga gak ada. Kemana ya dia?
          "Tumben di kelas aja?" Tanya Fahri sambil melangkah ke bangkuku.
          "Lagi gak mood aja makan di kantin." Jawabku. Fahri duduk di bangku Dila sambil mencet-mencet BBnya. Mau pamer kali ya ke aku, tapi gak ngaruh tuh. Walaupun hapeku butut, yang penting bisa sms sama nelpon.
          "Gak mood makan ato gak mood di omongin anak-anak satu sekolah?"Aku diam sejenak.
         Entah kenapa ku ngerasa gak seneng ngedenger ucapan Fahri barusan. "Ya gitu deh." jawabku singkat. Aku mulai risih sama Fahri.
          "Makanya, Na. Jangan deket-deket sama preman kayak Galang gitu. Hidup kamu jadi gak tentram lagi kan?"
           "Maksud kamu apa ngomong kayak gitu?" Hatiku panas.
          "Kamu pinter, kok gak ngerti sih?" Fahri menatapku sinis. Ujung bibirnya  ketarik keatas. Bener-bener tampang yang licik. Ternyata Fahri ini bukan orang yang baik-baik."Aku gak yakin kamu bakal selamat kalo deket-deket si Galang itu." Fahri mendekatkan mukanya. "Apa sih bagusnya Galang? Mending sama aku, kamu bakal sejahtera malah." Fahri mencengkram ke dua pipiku dengan jari telunjuk dan jempolnya. Sakit. "Ternyata kamu manis juga ya kalo di liat dari dekat." Fahri masih menyunggingkan senyum liciknya itu.
          Aku menepis tangannya. "Apaan sih?!" Aku berdiri dan berniat buat kabur. Tapi Fahri keburu mencengkram kuat pergelangan tanganku.
          "Kamu mau kemana? Di sini aja dong." Dia menarik-narik tanganku dengan kasar.
          "Kamu mau apa sih, Fahri? Lepasin!" Aku masih berusaha meronta. Kelas lagi kosong. Orang yang lewat pun gak ada, karena kelasku berada di paling ujung. Aku mesti ngapain?!
          Aku hampir menangis, waktu aku ngeliat sebuah tinju melayang ke pipi Fahri. Lagi-lagi Galang menolongku.
          "Kamu gak papa?"  Galang mengusap-usap pergelangan tangan ku yang telah memerah. Belum sempat aku menjawab, galang udah bergerak duluan, meninju lagi muka Fahri.
          Fahri berdiri terhuyung huyung. "Apa-apaan nih?!" teriak Fahri marah sambil sesekali meringis memegangi tulang pipinya yang udah membiru.
          "Kamu tuh yang apa-apaan? Kamu apain Ana, Hah?" Dengan gusar Galang mencengkram kerah baju Fahri sampe Fahri yang lebih pendek dari Galang menjinjit.
          "Udahlah, Lang." aku berusaha melepaskan tangan Galang dari kerah baju Fahri.
          "Jadi kamu belain dia?" Galang mendelik seram ke arahku.
          "Bukan gitu. Nanti kalo kamu..."
          "GALANG! LEPASKAN FAHRI!" Suara Pak Gugun menggema sampe ke sudut kelas.
          Entah sejak kapan kelas kami penuh sesak. Bukan cuma murid-murid kelasku, tapi juga ada murid kelas lain. dan yang menambah cita rasa adalah Pak Gugun dengan muka sangarnya.
          Galang melepaskan kerah baju Fahri dengan kasar.
          "Kalian bertiga ikut ke ruang BP!" Perintah Pak Gugun tegas, sambil berbalik dan pergi keluar kelas.
          Anak-anak yang berkumpul pada asik berbisik-bisik berisik.
          "Ih! Galang berantem lagi." bisik anak yang satu.
          "Iya. Di sekolah malah kali ini." timpal yang satunya.
          "Tuh cewek, ceweknya Galang ya?" bisik yang lain.
          Ukh! Bisik-bisik kok suaranya nyaring gitu. Bikin panas aja!

          "Apa-apaan kamu Galang? Kali ini, kamu udah mulai berani ya berkelahi di sekolah! Udah cukup kami mendengar kabar kalo di luar sana kamu sering berkelahi dengan masih mengenakan seragam sekolah." Pak Gugun mulai mengomel dengan aku, Galang dan Fahri di depan mejanya. "Saya dengar dari guru piket, kamu gak masuk dari jam pertama. Kenapa sekarang kamu datang?"
          Aku heran sama Pak Gugun. Bukannya nanyain kejadian tadi, malah ngomelin Galang.
          Galang masih diam.
          "Kenapa kamu diam?" suara bass Pak Gugun memenuhi ruang BP yang kecil ini. "Kejadian tadi, pasti ulah kamu jugakan? kenapa kamu memukul Fahri, Galang?"
          "Pak! Bapak jangan main nuduh gitu dong." Entah keberanian datang dari mana, aku berbicara dengan suara menantang Pak Gugun. "Tadi itu, saya di ganggu sama Fahri. Galang yang bantuin saya, Pak." Aku menurunkan oktaf, lebih tenang supaya Pak Gugun yakin sama apa yang aku bilang.
          "Gangguin apaan? Jangan ge-er kamu, Ana." Sanggkal Fahrir.
          "Liat nih, Pak." Aku menyodorkan pergelangan tanganku yang memerah. "Ini perbuatan Fahri."
          "Bohong , Pak! Dia cuma mau belain Galang." Fahri masih menyangkal perbuatannya.
          "Pak, Bapak percaya sama saya kan? Saya gak mungkin bohong, cuma buat belain Galang. Saya berkata apa adanya, Pak." dengan mantap aku berbicara.
          Pak Gugun ngangguk-ngangguk. Dia mengusap-ngusap jenggot tipis di dagunya. "Ya sudah kalo gitu. Saya percaya sama kamu, Ana." Pak Gugun tersenyum. Lalu mengalih pandangannya ke Galang dan Fahri. "Tapi mereka tetap dapat hukumannya masing-masing."
          Hukuman yang di makud Pak Gugun, Galang dan Fahri namanya di catat di buku hitam sekolah. Kalo nama mereka sampe ada lagi sampe 3 kali, mereka akan di tindak dengan berbagai hukuman yang lebih mengerikan. Dan plus buat Galang, dia di larang buat ikut pelajaran hari ini, dan di suruh pulang.

          Sekolah makin heboh dengan kejadian tadi. Kemana hidupku yang biasa-biasa aja? Aku bener-bener mendadak tenar karena Galang. Sebenernya aku gak boleh nyalahin Galang. Malahan Galang lah yang selalu datang nolongin aku. Padahal aku cuma sekali aja nolongin dia, itupun nolongin dia dari seekor kucing. Dan Fahri,  gak pernah sekalipun ngajak aku ngomong lagi. Dia selalu memandang sinis ke arahku dan ke arah Galang.
          "Kamu kok lesu gitu, Na?" Dila memandangku dengan muka sedih. Kami lagi berjalan santai menuju gerbang sekolah. Sekolah pulang agak cepat hari ini, jadi aku bisa lebih santai pulang ke rumah, tanpa harus buru-buru mikirin makan siang aku dan Nino.
           "Capek, Dil. Rasanya aku gak nyaman lagi kalo di sekolah."
        "Makanya, Na. Aku kan udah bilang, jangan deket-deket Galang. Kamu sih, ngeyel." Dila membetulkan letak tasnya.
          "Semua orang nyalahin Galang. Kasian dia, Dil." Aku duduk di tangga di dekat parkiran motor. Dila ikut duduk. Aku melihat satu-persatu motor yang parkir. Motor Galang gak ada. Udah pulang duluan kali ya.
          "Kok dia yang kasian sih, Na? Harusnya kamu yang harus di kasianin!"
          "Ya kasian lah, Dil." Aku menatap Dila. "Kamu tau gak, hidup dia tuh lebih gak nyaman dari aku. Musuh dimana-mana, di sekolah gak ada yang mau deket-deket dia, sering di gosipin yang jelek-jelek. Bahkan gurupun gak ada yang baik sama dia. Selalu dia yang di salahkan walaupun bukan dia yang salah." Entah kenapa aku merasa sedih banget.
          "Jangan sedih gitu dong. Aku jadi ikutan sedih nih." Dila mengusap-ngusap bahuku dengan mata berkaca-kaca.
          "Dia gak sejahat yang kalian kira. Dia memang nakal. Tapi itu pasti aja penyebabnya sendiri, Dil." Aku menunduk.
          "Kamu gak salah mikir gitu?" tanya Dila.
          "Gak, Dil. Sejak aku deket sama dia, sering di tolong sama dia, sedikit banyak aku bisa ngerti."
Dila tampak tak percaya.
         "Maaf, Dil. Aku memang gak pernah cerita sama kamu, tapi Galang lumayan sering ke rumahku. Walaupun cuma buat main bareng Nino aja."
          "Main bareng Nino?" Dila melotot tak percaya.
         "Iya. Mereka udah kayak abang adik." aku tersenyum pahit. "Galang kurang kasih sayang orang tuanya, Dil. Dia di rumah cuma sama pembantu."
          Kami diam sejenak, memandang parkiran yang udah kosong melompong.
         "Kalo kamu yang ngomong gitu, aku percaya deh." Ucap Dila. "Kalo aku liat, waktu dia nolongin kamu dari Fahri, aku percaya kalo dia gak sejahat itu." Dila tersenyum.
          "Makasih ya, Dila.""Iya. Tapi kamu tetep harus ati-ati ya. Aku kawatir banget sama kamu, Na."
          "Iya.. Makasih yaa, Dila tembemm." Aku mencubit pipi tembem Dila. Beruntung aku punya sahabat kayak Dila.

          Aku udah hampir terbiasa ngeliat muka Galang bonyok kayak sekarang ini. Entah kenapa tiap abis berantem, di langsung datang ke rumahku. kayak malam ini.
          "Mau minta tolong nino ngobatin lukaku." jawabnya kalo ditanya mau ngapain.
         Ninopun dengan senang hati mau ngobatin luka Galang. Paling komentarnya, "Berantem lagi, kak? Menang gak?"
          Mereka bener-bener udah kayak abang adik. Apalagi kalo udah main PS, aku bener-bener dianggap gak ada.
          "Gak main sama Nino?" tanyaku waktu ngeliat Galang duduk di kursi teras di sampingku.
          "Gak. Mau bikin pe-er katanya."
         Aku menatap muka memar Galang. Padahal kulit sawo matengnya bersih dari jerawat, tapi harus berhias biru-biru memar itu sekarang.
         "Gak sakit?" tanyaku pelan.
        Galang tersenyum. "Sakit sih, tapi udah biasa." Galang masih tersenyum, bahkan terkesan nahan ketawa.
          "Kasian lho muka kamu, Lang." tanganku bergerak sendiri memegang tulang pipinya yang memar.
Galang terdiam. Senyumnya ilang berganti muka terkejut.
          "Jangan berantem lagi, ya? Aku sedih ngeliatnya." Aku mengusap pelan luka di keningnya, kayak bekas terantuk sesuatu. Aku udah gak peduli lagi dengan ekspresi Galang yang makin melongo gak percaya dengan apa yang aku lakuin.
          Galang meraih tanganku yang masih ngusap-ngusap lukanya.
          Aku sedikit kaget. "Sori, udah megang-megang. Sakit ya?" tanyaku tak enak.
          "Gak kok. Gak papa. Makasih ya, Na." Galang menggenggam tanganku erat. "Entah kenapa, kalo aku di sini, rasanya tenang banget. Walaupun cuma ada kamu sama Nino. Itu udah lebih dari cukup ngobatin rasa sakit ini." Mata tajam Galang menatap lembut mataku. Jantungku udah gak karuan lagi. Galang bener-bener bukan sekedar teman buatku.
          "Aku minta maaf, soal kamu yang jadi repot karena aku. Tapi aku ngerasa, kenapa aku gak kenal kamu dari dulu."
          Waktu Galang udah bersiap-siap mau ngomong lagi, hapenya bunyi. Telepon yang entah dari siapa, tapi cukup buat nada suara Galang meninggi.
          Setelah menutup telepon, Galang pamit pulang.
          "Ati-ati ya." Aku menutup pagar rumahku.
          Galang memakai helm merahnya. "Iya. Gak berantem lagi kok." ucapnya sambil tertawa.

          Dimana ini? Kok aku bisa ada di sini! Seingat aku, aku tadi mau ke ruang guru, lalu...
         "Udah bangun ya?" seorang cowok dengan tindik di hidungnya mendekat padaku. Aku baru sadar, tangan dan kakiku di ikat. Kepalaku juga sedikit terasa sakit.
          Aku melihat sekelilingku. Ini di sebuah bangunan tua yang belum rampung di bangun, yang bahkan  dindingnya belum di buat sama sekali. Tempiasan air hujan udah sedikit ngebasahin rok abu-abu panjangku.
         "Siapa kamu?" Bentakku arah cowok bertindik itu. Mukanya lebih nakutin dari Pak Gugun.
         "Kenalin deh, aku Roy." Si Roy mengulurkan tangannya. Bego ato bego ya, mana bisa salaman kalo tanganku di ikat gini.
          Cowok yang ngaku bernama Roy itu tertawa seram, lalu mondar mandir di depanku terduduk. Aku menatapnya, menantang.
          "Ternyata kalian sama-sama gak ramah ya." Dia menepuk kedua tangannya.
         Sekarang aku bisa ngeliat 2, bukan! Lebih dari 5 orang muncul dengan menyeret-nyeret Galang yang udah babak belur tak berdaya di tengah hujan. Aku bisa ngeliat darah yang mengucur dari kepala Galang yang udah menyatu dengan air hujan. Refleks aku memanggil Galang. Dengan susah payah Galang menegakkan kepalanya, lalu terbelalak tak percaya.
        "Ana!" teriak Galang dengan sisa-sisa tenaganya.

bersambung...
Nurul B.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar