Kamis, 16 Februari 2012

Gara-gara Kucing?! (Part I)

           
           BLETAK!!!
           Pas banget tuh penghapus papan tulis mendarat di atas kepala berkuncir itu. Galang bergerak. Dia bangkit dari tidur nyenyaknya sambil menggaruk-garuk kepalanya bekas penghapus papan tulis mendarat.
          "Kalau mau tidur, di luar sana, Galang!" bentak Bu Rukyah. Mata Bu Rukyah udah melotot seram, serasa mau copot tuh bola mata.
          "Ya.." Saut Galang masa bodoh.
Di luar dugaanku, dia gak bererak dari tempat duduknya. Kini malah asik memelototiku dengan matanya yang mengerikan itu. Aku menelan ludah, dan memaki dalam hati. Coba aja Bu Rukyah gak pake acara ngebangunin Galang, dia gak bakal memelototin aku kayak gini.
           "Sst! Sst! Si Galang ngeliatin kamu tuh, Na." Dila, teman sebangkuku, berbisik-bisik di sela-sela Bu Rukyah menjelaskan tentang Rukun Iman dan Rukun Islam.
            "Ssst! Iya aku tau! Diem aja deh!" Aku menyikut Dila kesal. Dila cuma senyum-senyum usil.
          Argh! Dasar cowok kurang kerjaan. Ujung-ujungnya aku jadi gak konsen dengerin Bu Rukyah berkoar-koar di depan kelas sampe istirahat. Auranya Galang terasa menusuk banget dari belakang. huft!

             "Belakangan ini kok, rasanya Galang hobi ngeliatin kamu ya, Na?" Tanya Dila saat kami lagi asik ngantri Mie Ayam di Kantin. "Tuh, Liat! Dia ngeliatin kamu lagi! Ih! Serem gitu mukanya! Kamu udah buat salah apa sih sama Galang?" Dila masih aja ngerocos, padahal aku udah ngedapatin semangkuk Mie Ayamku.
              Aku masih diam tak peduli, dan kini sibuk mencari bangku kosong buat duduk, dan makan. Cacing udah pada konser kalo udah siang gini, minta di asupi jatah makan siang.
             "Ana! Kok diem aja sih?" protes Dila kesel.
            "Haah.." Aku mengela nafas panjang. Dila gak akan diem 'bernyanyi-nyanyi' sampe aku ngejawab rasa penasarannya ini.
           "Aku ngerasa gak pernah berbuat salah sama sekali kok ke Galang, cuma..." Aku melirik ke belakang bangkuku. Ternyata bener firasatku. Ada Galang bersama para ajudannya di meja belakang, yang berjarak 3 meja dari mejaku. Galang masih melihat ke arahku sesekali sambil menegak softdrinknya. Tapi, paling gak aman deh buat cerita ke Dila, dia gak bakal bisa denger.
          Aku menatap Dila yang tengah serius menatapku. Menunggu aku bercerita. Dan akupun mulai bercerita sambil mengingat-ngingat peristiwa yang mungkin aja menjadi penyebab Galang jadi hobi memelototin aku. 

4 hari yang lalu..

          "Ya ampun! Kenapa pake acara ketinggalan sih?!" aku menggerutu sepanjang jalan menuju kelasku. Dengan terpaksa aku balik lagi ke ke kelas karena buku pe-er Matematikaku ketinggalan. Kalo gak di ambil, gak bisa bikin pe-er entar.
Aku melongo ke kolong mejaku, ternyata ada! Bagus deh!
          "Miaw... Miaw..." Aku mendengar suara kucing mengiaw di deretan bangku belakang. Reflek kakiku mlangkah ke asal suara itu. Dan ternyata bukan cuma kucing manis berbulu putih itu yang aku jumpai. Galang! Ya. Gak salah lagi cowok ini Galang! Walaupun aku hampir gak pernah ngomong sama dia, tapi aku tau, cuma Galang yang hobi banget nguncirin poninya yang sedikit panjang itu ke atas.
          Galang meringkuk sambil menggigil ketakutan. Di pandanginya kucing yang mengiauw-ngiaw itu. Mau ngajak kucing ini berantem ya? Udah gak ada manusia lagi ya buat di ajak berantem?
         Sesaat aku ngeliat adegan adu mata antara Galang dan kucing itu, membuat aku gak bisa nahan ketawa. Galang tampak kaget ngeliat aku. Mukanya bersemu merah, tapi masih gak bergerak dari tempatnya.Dia kenapa ya? Apa takut sama kucing? Aku meraih dan menggendong kucing gendut itu. Tampak ekspresi lega dari muka Galang. Dia mengusap-ngusap dadanya lega.
          "Kamu takut sama kucing ya?" tanyaku sambil mengusap-ngusap kepala kucing yang aku gendong ini. Kucing ini jinak banget. Sama sekali gak takut sama aku.
          "Emangnya salah ya kalo takut sama kucing?" Galang malah balik nanyak, dengan tatapan seramnya.
Aku ketawa. Kata anak-anak, jangan deket-deket Galang, dia itu preman. Tapi memang ada ya preman takut sama kucing lucu gini?! Haha...
          "Gak salah kok! Aku aja takut sama cicak. Semua orang punya rasa takut, kan?" Aku tersenyum.
Galang menunduk. Kayaknya Galang gak seserem yang anak-anak bilang deh!
         "Kamu masih mau di sini ya?" aku berjongkok di depan Galang yang terduduk lemas itu. Galang masih diem. "Kalo gitu aku pulang dulu ya. Dadagh."
Aku keluar kelas dengan "musuh" Galang di gendonganku.

          "... gitu ceritanya, Dil." Aku menyedot es melonku dengan sedotan. "Sejak itu, dia jadi suka melototin aku. Padahal aku kira dia gak seseram atau sejahat kayak yang anak-anak bilang." aku menghela napas.
          "Menurut aku nih, Na. Dia mau ngebungkem kamu kali, karena kamu tau kelemahan dia. Dia pasti takut bangetkan, kalo sampe kelemahan dia soal kucing itu ketahuan musuh-musuhnya." dengan muka serius Dila beragumen. "Kamu ati-ati aja. Jangan pernah sendirian. Paling gak, kamu bareng aku terus kalo ada dia."
          "Segitunya? Emang Galang setega itu ya bakal..." aku berpikir sejenak. "Bakal nyelakain aku gitu, kalo sampe kelemahannya bocor?"
Dengan mantap Dila mengangguk. "Kamu gak tau ya, kalo Galang itu preman?"
          "Soal itu..." belum selesai aku berlata, Dila udah main serobot.
          "Masak gak tau sih, Ana? Secara, dari kelas satu kita sekelas sama dia." bibir gosip Dila beraksi. "Dia itu bisa di sini, cuma karena bapaknya tau, Na. Coba aja gak, pasti udah dari kelas satu diDO. Trus ni, Na... Yang aku herankan, Galang itu udah cakep, kaya lagi. Tapi kenapa jadi preman ya? Mana ada yang mau deket-deket sama dia kalo gitu. Palingan cuma cecunguk-cecunguk sesama premannya itu aja yang jadi genknya." Dila terus bercerita tanpa aku bisa menyela sedikitpun. 
          Sangking teraturnya Dila bercerita, malah otakku makin gak bisa mencerna kata-katanya dengan baik. Gosip-gosip yang gak mengenakkan begitu, membuat aku mual. Bener-bener gak enak di hati dan telinga.
          "Aku kasian banget sama kamu, Na. Hampir tiap saat kamu harus di pelototin sama mata tajemnya itu. Serem banget! Setau aku nih, ya. Mana ada yang berani natap mata dia, termasuk guru-guru kita." Dila masih berkoar-koar. Anak-anak di sekitar kami mulai ngeliatin kami. Sedangkan aku, udah males ngedengerin Dila berceloteh. Ceritanya makin lama makin ngaur. Masa' iya Galang segitunya?

          "YANG PIKET JANGAN PULANG DULUUU!!!" teriak Fahri, sang ketua kelas sok Tegas. Padahal lemotnya minta ampun.
          "Huuft..." Aku menghela nafas panjang. Piket... Kenapa harus piket?! Rasanya aku pengen banget pulang ke rumah, dan tidur siang.
          Dila udah ngacir pulang sejak bel bunyi. Sekarang tinggal aku, Fahri (sok jadi pengawas), Mini, Siska, dan... Galang?! tumben ikutan piket? Aku memandangnya penuh tanya. Aku kaget, waktu mata kami beradu pandang. Galang melangkah ke arahku. Di dalam hati aku udah berdoa dalam hati, jangan sampe Galang ngapa-ngapain. Di tambah lagi saat Galang kini udah berhenti tepat di depanku. Tubuh jangkungnya seolah menenggelamkan aku, dan matanya... Tajam?!
          "Nih! Jangan bengong aja." Galang menyerahkan sapu padaku. Cepat-cepat aku mengambil sapu itu. dan mulai menyapu.
          Ampuun... Jantungku serasa mau copot!.
         Aku ngelirik ke Galang. Dia asik menyusun bangku menjadi lebih lurus pada deretannya. Fahri asik BBman di meja guru lalu Mini dan Siska lagi buang sampah. Aku perhatikan, tak ada dari Fahri, Mini, atau Siska yang mengajak Galang ngomong. Galang juga keliatannya sama sekali gak tertarik buat membuka percakapan sama mereka termasuk aku sekarang.
         Hampir 20 menit kami membersihkan kelas. Kini udah bersih dan kinclong clong clong! Hahaha... Anak-anak yang piket buat hari sabtu memang TOP BGT dah!
           "Pulang naik apa, Na?" tanya Siska sambil membereskan alat-alat kebersihan.
         "Jalan kaki dong!" Jawabku, entah kenapa merasa bangga, karena banyak banget anak sekolah sekarang gengsi banget buat jalan kaki. Padahal sehat banget.
          "Gak besar betismu?" Mini udah siap-siap menyandang tasnya.
          "Yeee... Betisku malah jadi seksi banget! Nih liat!" Aku menyingkap rok abu-abuku sedikit, hingga betis sehatku keliatan. Siska dan Mini cuma ketawa. Siska dan Mini pulang dengan motor masing-masing. Mereka udah nawariin buat pulang bareng, tapi aku nolak. Soalnya aku mau mampir ke tempat fotocopydi depan sekolah.
          TIIT!!
          Bunyi klakson yang bener-bener bikin sakit telinga.
          Aku menoleh ke belakang. Fahri? ato siapa? Aku gak bisa mengenali cowok dengan kaca helm yang gelap itu.
          "Naik!" Perintahnya kemudian dengan suara berat sambil membuka kaca helmnya.
          Aku terkesiap. Galang!! "Gak usah. Aku jalan aja." tolak ku sehalus mungkin. Kalo bisa aku memang harus menolak apapun permintaan Galang. Soalnya kata-kata Dila di kantin tadi cukup membuat aku takut sama cowok ini.
          Galang menggas motornya pelan, dan berhenti di sampingku. Dia menarik tanganku pelan. "Ayo naik aja. Aku anterin sampe rumah kok. Tenang aja."
          Ih! Ngotot banget nih anak!
          Aku berusaha mngelepasin tangan Galang dari tanganku "Gak usah. Makasih, Lang. Aku mau ke..."
          "Naik!" Perintah Galang lagi dengan penekanan yang cukup bikin aku mati kutu.
         Aku menelan ludah takut. Aku ngeliat ke kanan ke kiri dan ke belakang, gak ada siapa-siapa. Rasanya pengen teriak minta tolong, tapi aku gak mau kalo itu bakal bikin Galang jadi lebih garang lagi. Dasar Galang garang!
          Dengan setengah hati aku naik ke atas motor sportnya itu. Ukh! Susah banget!
          "Jangan duduk nyamping!" Suara berat Galang terdengar lagi.
         Huh! Main perintah aja dari tadi. 'Naik!' 'Jangan duduk nyamping!' kayak gak ikhlas aja. Aku merutuk di dalam hatiku, sambil berusaha hati-hati agak sesuatu di balik rokku gak keliatan.
          "Aku ikhlas kok." Ucapnya kemudian seolah bisa ngebaca pikiranku. "Kamu mau ke tempat fotocopy dulu kan?" tanyanya kemudian.
          Aku mengangguk.
         "Hm? Jadi apa gak?" tanya Galang lagi sambil menoleh sedikit ke belakang.
         "I, iya. Jadi jadi." jawabku gugup.
        Ya ampun! Hampir aja aku menepuk jidadku sendiri. Harusnya dari tadi aku bilang iya, bukannya ngangguk. Ya gak keliatanlah!
          Sepanjang jalan ke tempat fotocopy, aku terus berdoa, jangan sampai aku di apa-apain sama Galang garang ini. Ternyata Galang bener-bener ngantarin aku ke tempat fotocopy, membuat rasa takutku sedikit berkurang. Sampai segala urusanku di tempat fotocopy selesai, Galang terus nungguin aku di atas motornya sambil merokok. Waktu dia ngeliat aku keluar dari tempat fotocopy, cepat-cepat di buang puntung rokoknya yang masih baru di isap sedikit itu. Di sekitar motor Galang, tampak puntung-puntung rokok berserakan. Ada sekidikit rasa sedih di hatiku. Aku udah bikin dia ngabisin rokok sebanyak ini buat nungguin aku. Aku jadi ngerasa berdosa banget.

         "Kok berhenti?" refleks aku bertanya waktu motor Galang berhenti tiba-tiba di pinggir jalan raya, yang aku sesali kemudian. Segala pikiran buruk mulai berkecamuk.
         Galang membuka kaca helmnya, dan menoleh ke belakang. "Rumah kamu dimana?"
         Aku menghela nafas lega. Dan langsung menunjukkan jalan rumahku. Galang gak bohong. Sedikitpun dia gak ada berbuat kasar sama aku. Dia bener-bener nganterin sampe depan rumah dengan selamat. Selama perjalananpun kami lebih banyak diam. Dan yang bikin aku terharu, Galang nungguin aku sampai masuk ke dalam pagar rumahku, baru dia pamit pulang. Aku sebagai cewek yang biasa-biasa aja, ternyata bisa ngerasain perasaan seistimewa ini.

         "Ya ampuun, Anaaa!! Kamu tuh bego banget sih!!!" Seru Dila hampir berteriak abis ngedenger ceritaku soal Galang yang nganterin aku pulang kemarin. Anak-anak sekelas menatap kami bingung. Sedang kan aku cepat-cepat melihat ke belakang. Ternyata Galang masih berada di mimpi indahnya. Dan untungnya lagi Pak Iwan gak masuk hari ini. Jadi kami bisa bebas bercerita tanpa harus terganggu selama 40 menit pelajaran kosong.
          "Sssssttt!! Bisa gak sih gak usah berisik gitu? Entar kalo Galang denger, kan gak enak jadinya. Kamu mau aku di apa-apain dia entar kalo ketahuan lagi ngomongin dia?"  Yah, walaupun kayaknya Galang gak selebay itu, tapi cukup buat ngebungkem mulut berisik Dila. Akhirnya anak itu bisa sedikit tenang.
          "Harusnya kamu mati-matian nolak Galang, Ana! Dia jadi tau rumahmu sekarang. Aduh! Kamu ini malah nambah masalah aja." Dila panik sendiri.
          "Kok kamu yang panik sih? Ya gak papalah dia tau rumah aku."
          "Gak papa gimana sih? Kamu mau dia entar datang kerumahmu, terus ngapa-ngapain kamu gitu?" Dila masih panik sendiri. Mukanya jelek banget. "Kok malah ketawa sih?" Dila manyum ngeliat aku ketawa.
          "Ya abisnya, kamu tuh ngawur, Dil. Galang gak segitunya kali. Kalian aja yang lebay cerita ini itu soal..."
          "Ana." suara berat yang udah jadi gak asing di telingaku itu...Aku menatap Dila. Muka Dila udah pucat pasi. Galang udah berdiri santai di samping mejaku. Mati kami! Ketahuan lagi ngomongin dia! Tapi kenapa cuma aku yang di tegur?!

bersambung...
Nurul B.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar